Sabtu, 18 April 2015

Cara Mengganti Favicon Pada Blog

Mengganti favicon pada blog merupakan salah satu cara untuk membuat cirri khas pada blog itu sendiri. Mengganti favicon memang seharusnya dilakukan oleh setiap blogger, karena dalam pengecekan SEO menggunakan tools online terkadang sebuah favicon juga dinilai, jika kita menggunakan favicon default dari blogger maka dianggap bahwa website atau blog tersebut tidak menggunakan sebuah favicon, jadi alangkah baiknya Anda mengganti favicon pada blog Anda dengan favicon milik Anda atau buatan Anda sendiri.

Favicon pada blog atau icon untuk suatu blog haruslah dibuat sebagus dan semenarik mungkin walaupun dengan ukuran kecil tetapi kita harus dapat menggambarkan favicon atau icon blog tersebut mempunyai makna.

Apa Itu Favicon ?
Pengertian dari favicon adalah sebuah singkatan dari kata favorite icon yang berarti sebuah gambar favorite yang digunakan sebagai icon atau logo untuk suatu website atau blog yang bersangkutan. Favicon sangat mudah kita lihat karena letaknya berada dipaling atas yaitu pada sebuah menu tab atau disamping pada sebuah title atau judul blog yang ada pada menu tab. Favicon ini juga mempermudah kita dalam mencari atau menemukan website atau blog yang bersangkutan dalam sebuah history pada browser pengguna Internet.

Bagaimana Cara Mengganti Favicon Pada Blog ?

1. Masuk ke Blogger.com
2. Klik Tata Letak
3. Pada bagian Favicon klik Edit
4. Upload file favicon (.ico) / gambar bitmap yang anda punya, edit ukuran seperti yang ditentukan.
5. Klik Simpan

Catatan :
- Perubahan favicon membutuhkan beberapa waktu, jadi ditunggu dulu saja sampai berubah. :-)
- Cara lain cobalah membukanya menggunakan browser lain.

2 komentar:

  1. kadang saya kalo masuk dashboard blogger .com sering lihat favicon tapi ga tahu artinya
    he he he

    makasih infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama2 :) . dulu saya juga sama2 blum tahu , dpt info dri tmen.. trus, nyoba sndiri. hehe

      Hapus