Senin, 29 Juni 2015

Cara Sukses Bisnis Online


Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.

Pada awalnya Internet belum menyediakan layanan untuk bertransaksi dengan konsumen. Pada tahun 1984, diciptakan sistem transaksi perbankan secara online oleh AT&T, tetapi tidak berhasil dikarenakan infrastruktur yang tidak memadai. Pada tahun 2000 diperkenalkan situs belanja online yang bernama Amazon.com. Setelah saat itu, mulai banyak bermunculan situs-situs belanja/transaksi online yang mengusung prinsip Business to Consumer (B2C). Apa itu B2C ? Menurut Onno W. Purbo, Business to Consumer (B2C) adalah mekanisme toko online (elektronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customers.

Karakteristik  B2C:
  • Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
  • Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis WEB.
  • Servis diberikan berdasarkan permohonan . dalam kondisi ini, customers memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
  • Transaksi sederhana

Lalu bagaimana setelah kita memiliki bisnis online dan sudah berjalan ? jawabannya adalah kita harus menjaga eksistensi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau yang biasa disebut CRM (Customer Relationship Management). Saat ini saya sedang menjalani bisnis online di solomediaprom.com. Sebagai marketing saya harus menjaga sikap dan menjaga komunikasi dengan customer untuk memperlancar pekerjaan. Selain itu CRM juga berdampak positif untuk mempertahankan customer agar tidak lari kepada pesaing. dengan dibangunnya kepercayaan kepada customer maka diharapkan bisnis akan berjalan lancar.

Cara mengoptimalkan CRM antara lain sebagai berikut:
  • Membangun relasi kerja berdasarkan asas kejujuran.
  • Menjaga kualitas produk yang ditawarkan. 
  • Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen. 

5 komentar:

  1. sip mbak artikel yang menarik, bisa buat bahan kuliah :)

    BalasHapus
  2. Iya pak, Semoga bermanfaat untuk pembaca yang lain juga :)

    BalasHapus
  3. Bisnis online bagus buat dicoba,,apalagi bagi yang hobi online,jadi tidak hanya buang2 waktu saja, tetapi bisa mengasilkan uang..
    Bagus infonya ni...

    BalasHapus
  4. Bisnis online bagus buat dicoba,,apalagi bagi yang hobi online,jadi tidak hanya buang2 waktu saja, tetapi bisa mengasilkan uang..
    Bagus infonya ni...

    BalasHapus